MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( MSDM )

01/04/2011 16:54

KATA PENGANTAR

Assalam’mualaikum. Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah SWT yang tiada sekutu bagi-Nya, Rabb penggenggam semesta alam. Semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada imamnya para muttaqin, baginda Nabi dan Rasulullah Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pejuang penerus risalahnya hingga akhir zaman. Dengan pertolongan-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia.

            Akhirnya, semoga karya tulis ini dapat menjadi sumbangan awal yang berarti yang dapat penulis berikan kepada almamater Universitas Sultan Ageng Tirtayasa khususnya, dan umumnya dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

                                                                                               

Serang, 23 Maret 2011

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Kata Pengantar.................................................................................................................. i

Daftar isi............................................................................................................................ ii

BAB I : PENDAHULUAN

a.       Latar belakang Masalah......................................................................................... 4

b.      Rumusan Masalah................................................................................................. 5

c.       Tujuan Masalah..................................................................................................... 5

BAB II : PEMBAHASAN

a.       Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia………………………………… 6

b.      Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia…………………………………….. 8

c.       Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan………………...  8

 

BAB III : KESIMPULAN

a.       Simpulan ……………………………………………………………………….. 10

 

Daftar Pustaka…………………………………………………………………………..  11

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH

Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai posisi penting dalam mewujudkan kinerja pembangunan, pendidikan dan sebagainya yang menempatkan manusia dalam fungsinya sebagai resource pembangunan. Di dalam konteks ini, harga dan nilai manusia ditentukan oleh sumber daya dan kualitas manusianya sendiri. Kualitas manusia diprogramkan sedemikian agar dapat sesuai dengan tuntutan pembangunan atau tuntutan masyarakat.

Salah satu sumber daya yang penting dalam manajemen adalah sumber daya manusia atau human resources. Pentingnya sumber daya manusia ini, perlu disadari oleh semua tingkatan manajemen termasuk juga manajemen pendidikan. Bagaimanapun majunya teknologi saat ini, namun faktor manusia tetap memegang peranan penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Bahkan dapat dikatakan bahwa manajemen itu pada hakikatnya adalah manajemen sumber daya manusia atau manajemen sumber daya manusia adalah identik dengan manajemen itu sendiri.

Hakikat sumber daya manusia pada setiap organisasi atau pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan diperlukan adanya suatu sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu bahwa yang dimaksud dengan sumber daya manusia adalah tenaga kerja pada suatu organisasi.  Dari pendapat tersebut jelas bahwa sumber daya manusia adalah tenaga kerja yang menduduki suatu posisi atau orang-orang yang mempunyai tanggungjawab untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan pada suatu organisasi atau instansi tertentu terlebih dalam hal meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  RUMUSAN MASALAH

Dari hal yang melatar belakangi masalah tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

1.    Apa yang di maksud dengan manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan ?

2.    Apa tujuan adanya manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan ?

3.    Apa fungsi dari manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu pendidikan ?

 

 

C.  TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN

1.    Mengetahui pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli.

2.    Mengetahui tujuan adanya sumber daya manusia dalam pendidikan.

3.    Mengetahui fungsi dari manajemen sumber daya manusia dalam pengelolaan pendidikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

1.    PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Sumberdaya manusia dalam konteks manajemen adalah ”people who are ready, willing, and able to contribute to organizational goals (Wherther and Davis, 1993:635). Oleh karena itu Sumberdaya Manusia dalam suatu organisasi termasuk organisasi pendidikan memerlukan pengelolaan dan pengembangan yang baik dalam upaya meningkatkan kinerja mereka agar dapat memberi sumbangan bagi pencapaian tujuan. Meningkatnya kinerja Sumber Daya Manusia akan berdampak pada semakin baiknya kinerja organisasi dalam menjalankan perannya di masyarakat terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Menurut para ahli pengertian manajemen sumber daya manusia

a.    Menurut Hall T. Douglas dan Goodale G. James

Manajemen sumber daya manusia adalah: “Human Resource Management is the prosses through whican optimal fit is achieved among the employee, job, organization, and environment so that employees reach their desired level of satisfaction and performance and the organization meets it’s goals”. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses melalui mana kesesuaian optimal diperoleh di antara pegawai, pekerjaan organisasi dan lingkungan sehingga para pegawai mencapai tingkat kepuasan dan performansi yang mereka inginkan dan organisasi memenuhi tujuannya.

b.   Menurut Edwin Flippo

Manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat.

 

c.    Menurut Malayu Hasibuan

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja, agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan.

d.   Menurut Bashir Barthos

Manajemen sumber daya manusia timbul sebagai suatu masalah baru pada dasawarsa 1960-an. Manajemen SDM mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan pembinaan, penggunaan, dan perlindungan sumber-sumber daya manusia baik yang berada dalam hubungan kerja maupun yang berusaha sendiri.

 

e.    Menurut Amin Widjaja Tunggal

Manajemen sumber daya manusia adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan rekrutmen, penempatan, pelatihan, dan pengembangan anggota organisasi.

 

f.     Menurut T. Hani Handoko

Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat. Dengan memperhatikan peranan manajemen, maka pengertian manajemen adalah ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

 

 

 

2.    TUJUAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Adapun tujuan utama dari manajemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi sumber daya manusia (karyawan) terhadap pendidikan.

Dengan demikian nampak bahwa manajemen sumberdaya manusia sangat penting peranannya dalam suatu organisasi termasuk dalam lembaga pendidikan seperti sekolah yang juga memerlukan pengelolaan Sumberdaya manusia yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi. Tuntutan akan upaya peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya berimplikasi pada perlunya sekolah mempunyai Sumber Daya Manusia pendidikan baik Pendidik maupun Sumber Daya Manusia lainnya untuk berkinerja secara optimal, dan hal ini jelas berakibat pada perlunya melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan tuntutan legal formal seperti kualifikasi dan kompetensi, maupun tuntutan lingkungan eksternal yang makin kompetitif di era globalisasi dewasa ini, yang menuntut kualitas Sumber Daya Manusia yang makin meningkat yang mempunyai sikap kreatif dan inovatif serta siap dalam menghadapi ketatnya persaingan.

 

3.    FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN

 

fungsi manajemen yang meliputi planning, organizing, actuating, controlling dan fungsi operasional yang meliputi procurement, development, kompensasi, integrasi, maintenance, separation” (Cahyono,1996:2)

Fungsi perencanaan (planning) merupakan penentu dari program bagian personalia yang akan membantu tercapainya sasaran yang telah disusun oleh perusahaan. Fungsi pengorganisasian (organizing) merupakan alat untuk mencapai tujuan organisasi, dimana setelah fungsi perencanaan dijalankan bagian personalia menyusun dan merancang struktur hubungan antara pekerjaan, personalia dan faktor-­faktor fisik. Fungsi actuating, pemimpin mengarahkan karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan pihak-­pihak yang berkepentingan dalam organisasi. Fungsi pengendalian (controlling) merupakan upaya untuk mengatur kegiatan agar sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumrrya.

Funggsi pengadaan tenaga kerja (procurement) yang berupaya untuk mendapatkan jenis dan jumlah karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Fungsi pengembangan (development) harus dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan mereka melalui pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan prestasi kerja. Fungsi integrasi (integration) merupakan usaha untuk mempersatukan kepentingan karyawan dan kepentingan organisasi, sehingga tercipta kerjasama yang baik dan sating menguntungkan. Fungsi pemeliharaan (maintenance) tenaga kerja yang berkualitas perlu dilakukan agar mereka mau tetap bekerja sama dan loyal terhadap organisasi. Fungsi pemberhentian (separation) yang merupakan putusnya hubungan kerja seseorang dengan perusahaan karena alasan-alasan tertentu.

1.    Perencanaan (Planning)

Merupakan pemilihan sasaran organisasi atau penentuan organisasi yang kemudian dijabarkan ke dalam bentuk kerja sama dan pembagian tugas;

 

2.    Pengorganisasian (Organizing)

Sebagai wadah atau alat yang dapat digunakan   untuk merealisasikan sasaran atau tujuan organisasi yang telah ditetapkan bersama

 

3.    Pengarahan (Directing)

Dilakukan oleh manajer untuk dapat mengarahkan, mengkoordinasikan dan mempengaruhi kepada bawahan untuk bekerja dengan sadar dan tanpa paksaan untuk mencapai tujuan

 

4.    Pengendalian (Controlling)

Upaya untuk melancarkan usaha perbaikan dan pengembangan yang menekankan pada penggunaan rencana yang strategic (rencana panjang dengan cakupan yang luas).

 

BAB III

KESIMPULAN

A.      SIMPULAN

 

Definisi dari manajemen sumber daya manusia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat. Sedangkan dengan memperhatikan peranan manajemen, maka pengertian manajemen adalah ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen sumber daya manusia mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, karena sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kontribusi sumber daya manusia terhadap pendidikan.

fungsi manajemen yang meliputi planning, organizing, actuating, controlling dan fungsi operasional yang meliputi procurement, development, kompensasi, integrasi, maintenance, separation” (Cahyono,1996:2)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA:

-       https://uharsputra.wordpress.com/pendidikan/manajemen-sdm-pendidikan/

 

-       https://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/fungsi-dan-peran-manajemen-sumber-daya.html

 

-       https://organisasi.org/definisi_pengertian_tugas_fungsi_manajemen_sumber_daya_manusia_sdm_ilmu_ekonomi_manajemen_manajer_msdm

 

-       https://id.shvoong.com/social-sciences/education/2108582-pengertian-manajemen-sumber-daya-manusia/

 

-       https://rifqiemaulana.wordpress.com/2009/05/03/386/